Mengenang Sinetron Tukang Bubur Naik Haji yang Dulu Viral Sebelum Sinetron Dunia Terbalik

Beritasantai.com - Siapa sih yang gak kenal dengan Haji Muhidin, tokoh antagonis dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Sinetron yang mulai ditayangkan di televisi swasta pada 28 Mei 2012 sampai 7 Februari 2017, ini mampu memecahkan rekor sebagai sinetron dengan episode terpanjang di Indonesia. Wow..!!!

Sinetron yang digandrungi semua kalangan ini tak diragukan lagi kejayaannya. Selain pernah mengundang beberapa tokoh nasional bahkan internasional sebagai bintang tamu, antara lain Kristen F. Bauer, Kiki Farel, Ustaz Yusuf Mansyur, Cristiano Ronaldo, Wiranto, dan Hary Tanoesoedibjo. Sinetron Tukang Bubur Naik Haji pun beberapa kali menyabet penghargaan di dalam dan luar negeri. Seperti pada ajang penghargaan Panasonic Gobel Awards 2013 dan 2014 untuk kategori aktris, drama seri, sinetron terpuji, pemeran pembantu terpuji, dan drama seri favorit.

Sinetron Tukang Bubur Naik Haji tayang selama 4 tahun 9 bulan, dengan total 2.185 episode. Sinetron bergenre komedi yang dibintangi Mat Solar, Latief Sitepu, Nani Wijaya, Uci Bing Slamet, Citra Kirana, dan Andi Arsyil Rahman ini menceritakan tentang kehidupan seorang tukang bubur yang ingin berangkat haji ke Mekkah. Lalu ia berinisiatif mengumpulkan uang hasil dari jualan buburnya agar bisa berangkat haji bersama ibunya.

Mungkin yang oleh penonton adalah karena tokoh utama Mat Solar, tak memerankan tokoh Sulam sampai tamat. Ia mengundurkan diri karena faktor kesehatan. Selepas menuntaskan kontrak yang tersisa, tokoh Bang Sulam si tukang bubur diceritakan meninggal dunia. Tokoh Bang Sulam meninggal dunia di Arab Saudi karena sakit saat tengah membuka usaha bubur di Tanah Suci itu.

Secara pada level domestik sinetron selalu meraih penghargaan, begitu juga pada level internasional, Tukang Bubur Naik Haji memenangi kategori Drama Internasional di International Drama Festival Tokyo 2014.Selain Bang Sulam, tokoh menarik yang selalu ditunggu kehadirannya adalah Latief Sitepu yang memerankan H. Muhidin, yaitu sosok orang kaya yang angkuh. Ia selalu memamerkan apa yang ia miliki. Pria kelahiran 74 tahun silam ini hingga kini masih punya semangat besar di dunia akting.

Dan ada Kardun yang diperankan Eddy Oglek sebagai hansip yang tamak dan sok kaya, yang selalu menguber cinta Romlah yang diperankan Nova Soraya. Meskipun Sinetron Tukang Bubur Naik Haji sudah tamat, namun ceritanya yang ringan dan kocak membuat semua orang menjadi kangen dengan sinetron seperti ini. Saat ini Sinetron Dunia Terbalik mampu menjadi pengganti, tapi para penonton sinetron tentunya semua berharap agar Sinetron Tukang Bubur Naik Haji mampu dihidupkan lagi ceritanya.

Nah, kalau menurut kamu gimana sobat?