√ Perbedaan Espresso dan Americano, Lebih Enak Mana?

Berita Santai, Perbedaan Espresso dan Americano, Lebih Enak Mana – Apakah Anda pernah minum kopi Espresso dan Americano?, Jika Anda pernah meminumnya, tentu sudah tahu rasanya, mana yang lebih enak menurut kalian? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang asal usul dan perbedaan takaran antara kopi espresso dan americano. Simak yuk! artikel tentang perbedaan espresso dan americano dibawah ini.
perbedaan espresso dan americano
perbedaan espresso dan americano

Apa itu Kopi Americano?


Americano Coffee adalah minuman kopi espresso dengan tambahan air panas. Namanya diambil dari cara orang Amerika meminum espresso. Konon, penyebutan Americano adalah sebagai lelucon dan ejekan terhadap orang-orang Amerika yang suka espresso-nya dibuat lebih encer.

Para tentara Italia menyebut kepada tentara Amerika yang tidak puas dengan espresso yang hanya sedikit. Mereka selalu meminta untuk menambah air panas untuk memperbanyak volume kopinya. Hingga, sejak saat itu ejekan tentara Italia kepada tentara Amerika "Americano" terbentuk. Dan menjadi nama kopi hitam yang dibuat dari mencampurkan espresso dengan air panas.

Sedang untuk takarannya kopi Americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, kemudian ditambahkan air panas di atasnya. Sementara kopi hitam adalah minuman hasil seduhan bubuk kopi tanpa espresso. Jadi, jangan sampai Anda salah pesan karena mengira bahwa americano sama dengan kopi hitam.

Pada kopi Americano Anda tidak akan menemukan crema (buih berwarna cokelat) yang kental seperti pada kopi espresso. Pasalnya, crema yang biasanya ada pada permukaan espresso telah terpecah oleh siraman air panas, hingga akhirnya americano hampir menyerupai black coffee.


Perbandingan atau rasio antara espresso dengan air panas yang paling umum digunakan adalah 1:4. Satu untuk single atau double shot espresso, dan empat untuk air panas. Secangkir Americano biasanya disajikan sebanyak 240 ml.


Apa itu Kopi Espresso?


Kopi espresso diseduh menggunakan mesin yang memproduksi tekanan pada air panas untuk mengekstraksi kopi. Dari tekanan ini muncul karbondioksida yang akhirnya akan muncul ke permukaan kopi selepas air kembali ke tekanan normal, menghasilkan crema.

Bubuk kopinya digiling halus, agar kandungannya lekas diekstraksi dalam waktu cepat. Volume espresso adalah 30-45 ml. Espresso adalah sari kopi yang dibuat dengan mesin bertekanan 9 bar keatas. Menghasilkan 30ml dalam waktu 30 detik. Espresso juga merupakan minuman para pekerja di Italia untuk mengisi waktu istirahat mereka yang sempit.

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafeina, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil. 
Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer. Wikipedia

Baca juga: Kata-kata Gaul Jaman Sekarang di Sosmed Terbaru


Penutup



Itulah perbedaan dari Espresso dan Americano, soal lebih enak mana tergantung dari selera lidah ya. Sekian artikel dari Berita Santai yang bisa dibagikan, tentang Perbedaan Espresso dan Americano, Lebih Enak Mana?. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke beritasantai.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us.

Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Gaya Hidup selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel