Perawatan Rambut Alami Agar Tidak Kaku dan Mudah Diatur

Viral
Berita Santai, Perawatan Rambut Alami Agar Tidak Kaku dan Mudah Diatur – Tahukah Anda perawatan rambut secara alami?, Jika Anda belum mengetahuinya tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara merawat rambut secara alami agar tidak kaku dan mudah diatur. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai perawatan rambut alami secara lengkap yang ada dibawah ini.
Perawatan Rambut Alami
Perawatan Rambut Alami


7 Cara Perawatan Rambut Secara Alami


Rambut adalah mahkota bagi semua orang, maka sudah sepatutnya agar kita selalu menjaganya tetap terlihat sehat dan berkilau. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan rambut kaku dan susah diatur, bisa simak tips dibawah ini agar rambut Anda menjadi lemas dan mudah diatur. 

Perawatan rambut alami kali ini adalah dengan menggunakan bahan-bahan dari alam yang bisa bermanfaat sebagai pelembab rambut. Simak yuk caranya! 


1. Gunakan Minyak Zaitun


Selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun terbukti berkhasiat untuk kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya, minyak yang satu ini mengandung asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga zat ini ini adalah emolien yang memiliki kemampuan untuk melembutkan rambut.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun pada rambut secara tipis dan tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin dan shampoo. Dengan rutin melakukan perawatan rambut dengan minyak zaitun dapat membuat rambut Anda semakin sehat dan berkilau.


2. Minyak Kelapa


Selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan, minyak kelapa juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Anda yang bermasalah dengan rambut kering dan kaku, dapat menggunakan minyak yang satu ini.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa setelah selesai keramas. Caranya adalah tuang sedikit minyak kelapa pada telapak tangan, kemudian oleskan pada bagian rambut secara merata. Jika terlalu berminyak, Anda bisa hanya mengoleskannya pada ujung rambut. 

Dengan cara ini minyak kelapa akan meresap ke dalam rambut secara baik, sehingga akan cepat membantu membuat rambut menjadi lembut dan lemas.



3. Masker Rambut dari Pisang


Ternyata buah pisang juga memiliki banyak sekali kandungan baik yang berguna untuk kesehatan tubuh dan rambut. Kandungan zat pisang antara lain vitamin C, karbohidrat, hingga potassium merupakan bahan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Anda dapat menggunakan pisang untuk digunakan sebagai masker rambut alami agar rambut halus. Untuk perawatan rambut dengan pisang, Anda juga membutuhkan yogurt sebanyak dua sendok makan. Kemudian, campurkan yogurt tersebut dengan pisang dan aduk hingga pisang hancur.

Jika semuanya sudah tercampur dan memiliki tekstur seperti pasta, Anda bisa langsung menggunakannya pada rambut secara merata. Tunggu selama kurang lebih 45 menit dan barulah bilas rambut dengan shampoo dan air bersih.


4. Keramas dengan Air Dingin


Dengan keramas menggunakan air dingin rambut Anda akan menjadi lemas. Jika mandi dan keramas menggunakan air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks dan menenangkan pikiran. Namun, keramas menggunakan air hangat tidak dianjurkan untuk rambut Anda, karena terlalu sering keramas menggunakan air hangat, rambut bisa menjadi lebih kusut, kaku, dan kering.

Anda dapat keramas menggunakan air dingin agar rambut lebih kuat dan lembut. Rambut pun tidak akan mudah bercabang jika Anda keramas menggunakan air dingin. Jangan lupa setelah keramas sebaiknya mengeringkannya dengan handuk saja. Ingat, tidak perlu meremas handuk dengan sangat kuat karena akan menyebabkan kerontokan. 


5. Jangan Terlalu Sering Keramas


Banyak orang yang beranggapan bahwa keramas setiap hari akan membuat rambut menjadi lebih indah dan sehat. Namun, hal itu tidak berlaku lagi bagi orang dewasa, karena rambut akan mengalami perubahan sehingga tidak perlu lagi untuk dicuci setiap hari.

Bahkan, jika terlalu sering keramas akan membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Selain itu, rambut juga akan lebih kusut dan tidak bisa terlihat halus dan berkilau. Pasalnya, minyak alami pada rambut akan berkurang jika Anda keramas hampir setiap hari.

Anda cukup keramas dua hari sekali, jika tipe rambut Anda berminyak. Sedangkan, jika rambut Anda bertipe kering, bisa keramas sebanyak dua kali saja dalam seminggu.



6. Rajin Memangkas Rambut


Memangkas rambut secara rutin juga diperlukan jika Anda ingin memiliki rambut yang selalu sehat dan lembut berkilau. Jika Anda rajin mencukur rambut, rambut bisa menjadi lebih halus, lembut, dan tumbuh lebih sehat.

Saat memangkas rambut, pastikan ujung rambut yang rusak dan bercabang segera digunting. Karena ini dapat membuat rambut bisa tumbuh lebih sehat dan membuatnya menjadi lebih halus. Sebaliknya, jika rambut dibiarkan saja dan tidak dipangkas setiap bulan, maka rambut Anda bisa menjadi lebih mudah rusak dan kusut.


7. Masker Rambut dari Lidah Buaya


Perawatan rambut alami yang terakhir adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan rambut. 

Lidah buaya juga mengandung enzim yang bisa mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. Tanaman berwarna hijau dengan bentuk yang khas ini juga mengandung kandungan mirip keratin yang bisa merasuk sempurna dalam rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

Anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai masker rambut. Cukup dengan memotong satu tangkai lidah buaya, lalu ambil dagingnya. Kemudian oleskan bagian daging lidah buaya itu ke rambut secara merata mulai dari pangkal hingga ujung dan tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan shampoo hingga bersih.

Baca juga: Kangen dengan Maria Mercedes, Begini Penampilannya Sekarang


Penutup



Sekian artikel kali ini yang bisa dibagikan, tentang perawatan rambut alami agar tidak kaku dan mudah diatur, dimana dengan menggunakan bahan-bahan alami ini rambut Anda menjadi tidak kering, tidak kusut, mudah diatur, berkilau, dan tampak lebih lurus.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Kesehatan selanjutnya.
Comments