5 Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Kulit

Viral

Berita Santai, Tahukah Anda beberapa manfaat kolagen untuk wanita? salah satunya adalah untuk kecantikan kulit. Selain itu, ada beberapa manfaat lain kolagen bagi wanita yang ternyata bisa didapat dari berbagai jenis makanan.

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Kulit

Apakah Fungsi dari Kolagen?


Kolagen adalah protein yang dapat ditemukan pada tubuh manusia seperti di otot, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan tendon. Kolagen juga berfungsi memberi kekuatan dan elastisitas kulit dan membantu penggantian sel kulit mati.


Kolagen juga dapat membantu memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Sedangkan pada persendian dan tendon, kolagen bermanfaat sebagai “lem” yang membantu menahan tubuh.


Kolagen sendiri dapat diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat menjadi lambat seiring bertambahnya usia. Penurunan produksi kolagen pada tubuh dapat menimbulkan proses penuaan seperti keriput, kulit yang kendur, dan nyeri sendi.


5 Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Kulit

Lalu apa saja manfaat kolagen bagi wanita? berikut adalah 5 manfaatnya:


1. Mengurangi Selulit

Manfaat kolagen bagi kecantikan adlah untuk mengurangi selulit. Kondisi kulit saat jaringan lemak mendesak ke atas menembus serat hingga ke lapisan teratas. Sehingga kulit terasa kasar, bergelombang, kering, dan sesekali gatal.


Suplemen kolagen bisa membantu mengurangi selulit. Bekerja langsung dari dalam tubuh, berfungsi mempercepat proses perbaikan dan regenerasi dari serat dalam kulit yang rusak.


2. Membuat Kulit Wajah Lebih Halus

Jika tubuh Anda mampu memproduksi kolagen dengan baik, maka kulit wajah akan lebih halus, lantaran, adanya proses regenerasi sel dengan cepat. 


Selain dapat membuat kulit wajah lebih halus, juga membuat kulit wajah lebih kenyal. Kolagen juga bisa mengencangkan kulit serta menghilangkan area yang kusam.


3. Memperbaiki Pencernaan

Dengan mengonsumsi kolagen dengan rutin bisa memperbaiki pencernaan tubuh. Kolagen ternyata juga efektif menghentikan diare.


4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Apabila tubuh Anda memiliki kolagen dalam jumlah yang baik maka kualitas tidur Anda juga akan baik. Pasalnya, kulit dan tidur saling memiliki kaitan, kulit yang kusam disebabkan oleh meningkatnya hormon stress, hingga sulit tidur.


Sebaliknya, bila kurang tidur maka akan merusak struktur kecantikan kulit wajah. Sel-sel inflamasi tersebut dapat merusak asam hialuronat dan kolagen pada tubuh. 


5. Mengurangi Strectch Mark

Salah satu manfaat kolagen yang penting bagi wanita adalah mampu mengurangi stretch mark (kondisi pada kulit di mana muncul garis-garis beruntai pada kulit). 


Kolagen juga dapat membuat fleksibilitas pada kulit jadi lebih baik. Tak hanya itu, kulit juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat hingga bekas luka.


Baca juga: 7 Makanan untuk Mengatasi Sembelit


Ringkasan

Tubuh secara alami memang dapat menghasilkan Kolagen. Namun, produksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia. Karenanya, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda telah menambahkan kolagen dalam menu harian sebagai satu salah cara untuk menjaga kecantikan kulit Anda. 

Comments