7 Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi

Viral

Berita Santai, Ciri orang kena kolesterol tinggi - Seiring bertambahnya umur dan usia membuat kita harus ekstra untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih disaat pandemi seperti sekarang ini sangatlah penting menjaga daya imunitas tubuh.

Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi


Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi

Salah satunya penyakit yang banyak menyerang semua orang adalah kolesterol tinggi. Apalagi bagi Anda yang hobi makan yang banyak mengandung kolesterol, dan minyak. Kolesterol sendiri baru bisa diketahui saat penyakit akibat kolesterol tinggi itu sendiri muncul.


Untuk itu, ada ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai. Karena ciri-ciri kolesterol ini sering kali tidak disadari oleh masyarakat. Bahkan, terkadang kolesterol tidak menunjukkan tanda-tanda tertentu.


Berikut ini adalah 7 ciri-ciri orang terkena kolesterol tinggi yang harus diwaspadai:


1. Kesemutan Hingga Mati Rasa

Kesemutan atau mati rasa, ciri-ciri ini bisa menjadi gejala suatu penyakit akibat dari kolesterol tinggi. Dan salah satunya adalah penyakit arteri koroner, penyakit ini biasanya menyebabkan penderita mengalami mati rasa di beberapa bagian tubuhnya. Terutama di bagian anggota gerak seperti tangan dan kaki.


Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penyakit stroke. Bahkan, stroke mampu menyebabkan penderita mengalami mati rasa di wajah, lengan hingga kaki. Biasanya, mati rasa tersebut terjadi hanya di salah satu sisi bagian tubuh.


2. Sakit kepala

Ada banyak penyebab sakit kepala, namun sakit kepala yang sering dan terjadi tiba-tiba harus Anda waspadai.


Ciri kolesterol tinggi bisa juga ditandai dengan sakit kepala hebat, karena adanya penyumbatan aliran darah ke otak oleh plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi ini.


3. Susah bernafas

Gejala susah bernafas terkadang sering diartikan sebagai penyakit asma. Namun, yang patut Anda waspadai tidak selamanya bahwa susah bernafas adalah penyakit asma.


Bahkan, bisa saja gejala susah nafas ini terjadi karena sebab dari kolesterol tinggi di tubuh. Saat aliran darah yang menuju ke jantung berkurang, sehingga tidak akan menerima darah dengan lancar, karena jantung mengalami kesulitan memompa darahnya.


Tentu ini bisa mempengaruhi semua bagian tubuh termasuk paru-paru dan Anda merasakan susah bernafas. 


4. Nyeri Dada

Nyeri di dada ini dapat terjadi ketika sesuatu menghalangi arteri atau tidak ada cukup aliran darah di arteri yang membawa darah kaya oksigen ke jantung kamu. Kamu akan merasakan sesak, berat, sakit atau bahkan terbakar di bagian dada.


Apabila Anda termasuk orang yang sering merasakannya, alangkah baiknya segera cek ke dokter. Dengan Anda mengetahui sejak awal, maka kemungkinan Anda bisa mengatasi dan mengobatinya lebih cepat.


5. Tekanan Darah Tinggi

Pembuluh darah yang mengeras karena kolesterol tinggi akan menyulitkan darah untuk mengalir sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal inilah yang menyebabkan tekanan darah tinggi.


Tekanan darah tinggi juga tidak bisa langsung dikenali, untuk itu Anda harus rutin memeriksakan tekanan darah. Apabila Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, segera lakukan juga tes kolesterol agar mengetahui apakah tekanan darah tinggi dikarenakan kolesterol yang tinggi. 


6. Imptensi atau Lemah Syahwat

Impotensi atau lemah syahwat juga bisa menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi pada tubuh. Impotensi ini dapat dipengaruhi penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri. 


Karena, pada umumnya penyakit impotensi banyak menyerang pria yang kadar kolesterolnya naik atau tinggi.


7. Sering kelelahan

Gejala kolesterol tinggi yang terakhir adalah jika Anda sering mengalami kelelahan. Saat kolesterol tinggi hingga membuat plak di pembuluh darah otomatis itu akan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh Anda.


Seharusnya darah yang kaya oksigen bisa dengan mudah dialirkan ke seluruh tubuh. Namun karena ada plak ini, maka jaringan dan organ-organ tubuh kekurangan darah yang kaya oksigen sehingga membuat tubuh kamu mudah lelah.


Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ada berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah:

  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3
  • Pilih makanan rendah lemak
  • Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut
  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti merokok
  • Kontrol berat badan

Baca juga: 5 Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Kulit


Itulah 7 ciri orang kena kolesterol tinggi, tetap pertahankan kadar kolesterol Anda supaya tetap normal. Agar kadar kolesterol tidak mudah naik kembali, sebaiknya terapkan pola hidup sehat secara konsisten.

Comments