Nama Rumah Adat Sulawesi Tengah

Nama Rumah Adat Sulawesi Tengah. Rumah tambi adalah sebuah rumah adat dari warga sulteng pada umumnya, yakni dari bebagai golongan masyarakat. Ditulis pada 27 april 2017.

Rumah Adat Sulawesi Tengah Lengkap, Gambar Dan Penjelasannya - Seni Budayaku
Rumah Adat Sulawesi Tengah Lengkap, Gambar Dan Penjelasannya – Seni Budayaku from www.senibudayaku.com

Mungkin tidak ada yang pernah menyangka apabila kulit kayu dapat dijadikan bahan atau serat untuk membuat pakaian adat.pohon yang biasanya digunakan adalah usongi, dalisi, wehuka, dan tentunya otipulu.kayu ini awalnya direbus menggunakan abu dapur, kemudian direndam hingga kayu memiliki tekstur. Rumah adat sulawesi tengah ada tiga. Di antaranya adalah rumah tambi, rumah lobo, dan rumah souraja.

Pegipegi) Desain Rumah Panggung Seolah Menjadi Salah Satu Ciri Khas Dari Berbagai Rumah Adat Yang Ada Di Indonesia.

Rumah adat lobo bisa kita jumpai di desa toro, kecamatan kulawi, kabupaten sigi, sulawesi tengah. Entah mengapa saya tak bosan untuk bercerita tentang keunikan dari sebuah kota terkecil yang berkembang dari satu pulau di provinsi sulawesi tengah. Rumah adat tambi tergolong rumah panggung yang bagian atapnya sekaligus berguna sebagai dinding.

Di Antaranya Adalah Rumah Tambi, Rumah Lobo, Dan Rumah Souraja.

Rumah tambi adalah sebuah rumah adat dari warga sulteng pada umumnya, yakni dari bebagai golongan masyarakat. Rumah ada satu ini bahkan bisa juga menjadi tempat bermalam. Di bangun pertama kali pada awal abad ke 19 masehi dengan model yang masih sangat kuno dan bahan baku seadanya.

Benua Tada Adalah Rumah Adat Yang Berasal Dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Arsitektur rumah adat tambi rumah adat sulawesi tengah ini merupakan rumah yang mengusung konsep rumah panggung dengan ditopang tiang penyangga yang tingginya kurang lebih setinggi 1 meter. Tengah desa berdiri bangunan adat berukuran 5×4 meter dan dindingnya hanya setinggi 1 meter, sedangkan selebihnya ke atas terbuka. Namun, berkaitan dengan rumah adat atau rumah tradisional, setidaknya terdapat tiga yang masih bisa kita dapatkan informasinya.

Seperti Juga Dengan Propinsi Sulawesi Tengah Yang Dikenal Memiliki Beberapa Rumah Adat Yang Sangat Terkenal Dan Cukup Populer Sebagai Bagian Dari Identitas Masyarakat Setempat.

Dirunut dari demografi suku bangsanya, penduduk sulawesi tengah terdiri atas campuran dari sedikitnya 8 suku besar, yaitu suku kaili, suku bugis, suku mori, suku toli toli, suku saluan, suku babasal, gorontalo, dan suku pamona. Di provinsi sulawesi tengah terdapat beraneka ragam budaya khas daerah tersebut, salah satunya adalah pakaian adat sulawesi tengah. Rumah tambi adalah rumah adat untuk semua golongan masyarakat, dan rumah souraja yaitu rumah adat yang digunakan sebagai rumah tinggal golongan bangsawan.

Kara Banua Dalam Bahasa Setempat Berarti Rumah, Sedangkan Tada Berarti Siku, Sehingga Jika Digabungkan Berarti “Rumah Siku”.

Baca informasi bagian, makna, dan. 3 rumah adat sulawesi tengah gambar nama 06 11 2022 rumah tambi adalah sebuah hunian adat dari warga sulawesi tengah sulteng pada umumnya yakni dari bebagai golongan kelompok khalayak umum bentuk dan penampakan permukiman tambi ini ialah persegi panjang dengan mempunyai ukuran rata rata 7 5 m2 rumah tambi ini sengaja dibuat. Rumah adat sulawesi tengah provinsi sulawesi tengah memiliki 2 jenis rumah adat sebagai tempat tinggal masyarakatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.